Sabtu, 15 Juni 2013

Menggapai Indahnya Sabar

Assalamualaikum :)
sekarang kita akan membahas "Menggapai Indahnya Sabar",

 Imam Ahmad bin Hanbal pernah mengatakan bahwa didalam surga hanya ada dua kelompok manusia, yaitu Manusia yang bersyukur dan Manusia yang bersabar.
  Kesabaran  menjadi salah satu kunci utama untuk meraih kesuksesan di dunia dan di akhirat. Lihatlah, betapa sabarnya Rasulullah Saw dan para sahabat beliaudalam mendakhwahkan ajaran islam di Jazirah Arab kepada kaum kafir Quraisy. Meskipun tantangan, Ancaman, pengusiran, bahkan percobaan pembunuhan sudah berkali kali di rasakan ketika dakhwah 13 tahun di Makkah, Akhirnya Allah SAW memenangkan dakhwah islam karena buah kesabaran beliau dan para sahabatnya.
 Ingatlah juga kisah Bilal bin Rabah Ra yang tetap berpegang teguh untuk mempertahankan keyakinannya terhadap agama Islam, meskipun ia harus merasakan siksaan berat ketika di tindih batu besar oleh majikannya di padang pasir yang sangat panas. Siksaan yang tidak berperikemanusiaan juga di alami oleh Ammar bin Yasir beserta keluarganya. Ibunya,Summayyah disiksa dengan cara yang sangat keji sehingga mati sebagai Muslimah pertama yang syahid di jalan Allah Swt.
 Kita juga bisa melihat keteguhan hati yang luar biasa dari seorang sa'ad bin Abi waqash Ra (salah satu sahabat yang di jamin masuk surga oleh Rasulullah shallaallahu alaihi wasallam) yang di paksa meninggalkan Islam oleh Ibunya,hingga sang ibu bersumpah mogok makan dan minum, bahkan enggan mengajak bicara sampai mati. Namun, dengan tegas, sa'ad bin Abi waqash berkata, "Wahai Ibu, Demi Allah, andaikan ibu memiliki seratus nyawa, kemudian satu persatu keluar, sedikitpun Ananda tidak akan meninggalkan Agama ini."
Inilah akidah, inilah kekuatan Iman yang sanggup bertahan dan kokoh menjualang, walaupun diterpa oleh berbagai badai dan topan kehidupan.
 Disebutkan dalam sebuah riwayat ahwa Rasulullah shallaallahu alaihi wasallam juga bersabda :
"Ketahuilah,sesungguhnya datangnya kemenangan itu bersama dengan kesabaran. Bersama kesempitan,pasti akan ada jalan keluar. Bersama kesusahan pasti akan ada kemudahan" (HR. Abdu bin Humaid).

Afwan Ukhty/Akhy yumkin hadza minni, :)
Semoga bermanfaat :)
Aamiin


Sumber : Buku Dahsyatnya Sabar,Syukur, dan Ikhlas.
penulis : Abdul Syukur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar